Story about EXO Lay and his “Disease” (Indonesian translated)

Story about EXO Lay and his “Disease” (Indonesian translated)

I bet that some of you already knew about this, but I’ll re-share it using Indonesia translation :) - admin D

- - - - -



Lay EXO-M didiagnosa menderita 2 penyakit darah yg mengerikan, yaitu Bleed Disorder dan Hemofilia. Lay memiliki jenis darah yg sangat langka. Dia tidak bisa sembarangan menerima transfusi darah dari orang lain. Lay tidak boleh sedikitpun terluka, karena jika sampai ia terluka maka darah dari tubuhnya akan terus2an mengucur keluar. 
Diketahui thn 2004, Lay pernah menjalani operasi amandel, dan mengalami koma selama berhari-hari. Disebabkan oleh penyakit itu!. penyakit ini tidak bisa disembuhkan karena memang ini penyakit dari lahir,bukan karena virus yang dapat disembuhkan. Itu berarti,Lay harus berhati-hati seumur hidupnya. Dia harus hidup dengan 2 penyakit itu ditubuhnya.

Ingat waktu Lay nerima tantangan yang kepalanya Lay ditimpa panci di Happy Camp? Kenapa waktu itu Luhan sampe nahan Lay biar ga nerima tantangan? Itu karena Luhan SANGAT merasa khawatir dengan penyakit Lay. Waktu itu Luhan bahkan smpai bentak Lay dengan bahasa korea, Karena takut ketahuan fans China. 
coba lihat video ini » http://www.youtube.com/watch?v=wFyPVsb3_tc « Terlihat Luhan sangat mengkhawatirkan Lay saat Lay menerima tantangan.



via : salmashawolover blog, Info KPOP facebook and @ BaekyeolID



-  -  - 


Tahun 2004 yang lalu, Lay pernah membuat suatu essay mengenai penyakitnya (hemofilia), Dengan judul “Ayah”. Hemofilia itu penyakit yang berhubungan dengan pembekuan darah, jadi ketika luka, darah tidak akan berhenti untuk keluar.
inilah isi essay nya (sudah di translate ke Bahasa Inggris) :
[In my house, whether it’s morning, noon, or evening, you can always hear someone singing these lines: “ah such glorious, shining sun!” That, is my father’s song!  
One morning when I woke up, I heard an enchanting melody and noticed an overwhelmingly stinky odor! I looked to the left, looked to the right, oh my gosh, my father was singing even while sitting on the toilet, unbelievable! See, that’s how much my father loves to sing! 
An old Chinese proverb says “Like father, like son!” I enjoy singing very much too, and I sing pretty well. Perhaps it was because of my potential in performing arts, my father always takes me here and there to learn various things. Of course, he mainly takes me to singing lessons. Unfortunately, in my throat there was an enlarged tonsil, my father was worried that further enlargement will block my pharynx and thus prevent me from singing, so he took me to a hospital to schedule for a tonsillectomy. We found out that I have a problem with blood coagulation, so the surgeon recommended that I avoid surgical procedures. But my father made a wrong decision: “Cut it, you have to cut out the tonsil!” The surgeon couldn’t argue with my father, so he performed the surgery.
As expected, I had a massive post-operative hemorrhage, I kept on throwing up blood until I finally went into hypotensive shock and fainted! When I woke up, I was lying on a hospital bed, above me hung a bag of transfusion blood. I saw my father standing by the doorway holding a cigarette, and he looked very anxious. I thought: “You deserved it, who was the one who insisted on the surgery?” 
Two weeks later, I noticed that my father has changed, he was not as arrogant and cocky anymore, anything I wanted he would buy for me. “Son! Can daddy take you outside for a walk?” My father asked. I reluctantly said “Okay!”  After we had a walk, my mood improved a lot, I pensively pondered: “Dad was just trying to help me, why couldn’t I sympathize with him more and see things from his point of view?” At that moment, my father suddenly said, “Son! I’m very sorry!” I immediately hugged him, and cried!
This is my father who loves me dearly and cares for me!”]


admin D pun mencoba untuk mentranslate nya ke Bahasa Indonesia, kurang lebih begini hasil translate-an nya :) :


[Di rumahku, entah itu pagi, siang, atau malam hari, Kamu selalu dapat mendengar seseorang bernyanyi baris ini: “ah seperti mulia, matahari bersinar!” Itu, adalah lagu ayahku!
Suatu pagi saat bangun, aku mendengar melodi yang begitu indah dan mencium sesuatu yang sangat bau! Aku melihat ke kiri, melihat ke kanan, oh my gosh, ternyata ayahku bernyanyi bahkan sambil duduk di toilet, tidak bisa dipercaya! Lihat, itulah betapa banyak ayahku suka menyanyi! 
Sebuah pepatah Cina kuno mengatakan “like father like son!” aku juga sangat senang bernyanyi, dan aku bernyanyi dengan cukup baik. Mungkin karena potensiku dalam seni pertunjukan, ayahku selalu membawaku ke sana-sini untuk belajar berbagai hal. Tentu saja, ia mengutamakan aku untuk mengambil pelajaran bernyanyi. Sayangnya, di tenggorokan saya ada amandel membesar, ayah saya khawatir pembesaran lebih lanjut akan memblokir faring saya dan dengan demikian mencegah saya dari menyanyi, jadi dia membawa saya ke rumah sakit untuk pemeriksaan tonsilektomi.Kami menemukan bahwa saya memiliki masalah dengan pembekuan darah, sehingga ahli bedah disarankan agar saya menghindari prosedur bedah. Tapi ayah saya membuat keputusan yang salah: “Hentikan, Anda harus memotong amandel!” Dokter bedah tidak bisa berdebat dengan ayah saya, jadi ia melakukan operasi.
Seperti yang diharapkan, saya memiliki perdarahan pasca operasi besar, aku terus muntah darah sampai akhirnya saya langsung shock hipotensi dan pingsan! Ketika saya bangun, saya sedang berbaring di tempat tidur rumah sakit, di atas saya tergantung sebuah kantong transfusi darah. Saya melihat ayah saya berdiri di ambang pintu memegang sebatang rokok, dan dia tampak sangat cemas. Aku berpikir: “Anda mendapatkannya, siapa orang yang pertama kali bersikeras operasi?”
Dua minggu kemudian, saya melihat bahwa ayah saya telah berubah, ia tidak begitu egois dan sombong lagi, apapun yang saya ingin pasti ia akan belikan untuk saya. “Nak! Dapatkah ayah membawamu keluar untuk berjalan-jalan?” tanya Ayah saya. Aku enggan berkata “Oke!”. Setelah kami berjalan-jalan, suasana hati saya meningkat banyak, saya termenung dan merenungkan: “Ayah hanya berusaha untuk membantu saya, mengapa saya tidak bisa bersimpati dengan dia lebih banyak hal dan melihat dari sudut pandangnya? “Pada saat itu, ayah saya tiba-tiba berkata,”Nak! Saya sangat menyesal” saya langsung memeluknya, dan menangis!
Ini ayahku yang mengasihiku dan peduli kepadaku! ]




Ini potongan percakapan antara Tang Tang dan Lay :

Lay actually said “Before I was feeling a little too exhausted, but the problem wasn’t too serious, it was because I danced for too long. After I rested for a week, now I’m all back to normal, so I started practicing little by little again.”  
I didn’t know what to say, so I said “when you are away from home, your health is the most important. you need to take good care of yourself, don’t get injured again.”


translate: 


Lay berkata “Sebelum aku merasa sedikit terlalu lelah, tapi masalahnya tidak terlalu serius, itu karena aku menari terlalu lama. Setelah beristirahat selama seminggu, sekarang aku semua kembali normal, jadi saya mulai berlatih sedikit demi sedikit lagi.”
Saya tidak tahu harus berkata apa, jadi saya berkata “ketika Anda jauh dari rumah, kesehatan Anda adalah yang paling penting. Anda perlu merawat diri sendiri, jangan terluka lagi. “




source: source: zhangyixing baidu bar, aulianforgottable.blog, @ BaekYeolID
Indonesian translation: admin D from EXOINDONESIA




Lay juga mendapatkan penjagaan khusus dari manager dikarenakan penyakitnya ini. Jadi jika seandainya ada fans yang diperlakukan kasar oleh manager, itu semua semata-mata manager lakukan untuk melindungi Lay. dan admin yakin kalau LUHAN adalah salah satu member yang paling care sama Lay soal penyakitnya ini, itu karena LUHAN & LAY adalah TEMAN SEKAMAR jadi tidak mungkin kalau mereka tidak pernah saling berbagi cerita. admin yakin Lay sudah menceritakan masalah penyakitnya ini ke LUHAN, makanya LUHAN menjadi cukup OVERPROTECTIVE terhadap LAY :)

SEKALI LAGI!! Hemofilia dan Bleed Disorder ini penyakit yang PARAH. sekali saja Lay mengeluarkan darah, maka akan susah untuk menghentikan darahnya yang sudah keluar.

so, LET’S HOPE THAT OUR LAY WILL BECOME BETTER DAY BY DAY :”)







PLEASE KINDLY TAKE OUT WITH FULL CREDIT!!!

Cr : _admin D from EXOINDONESIA_ |  http://exoindonesia.tumblr.com/post/29197397800/story-about-exo-lay-and-his-disease-indonesian

Komentar